Apa Itu Kromosom?

#MateriGenetik
#Biologi

Pada postingan kali ini akan dibahas mengenai kromosom dimana pada postingan sebelumnya hanya membahas tentang DNA, RNA, Gen, dan Alel. Sedangkan, belum ada bahasan tentang kromosom. Jadi, apa itu kromosom? Apa kaitannya dengan keempat hal tersebut? Sebelum itu, lihat juga postingan berkaitan dengan Biologi untuk sekadar menambah wawasan apabila dirasa ada yang belum didapat. Baiklah langsung saja mulai pembahasan.

KROMOSOM 


Di dalam inti sel, terdapat kompleks DNA dan protein yang membentuk struktur benang-benang halus dan mudah diwarnai dengan pewarna tertentuyang disebut kromatin. Pada saat sel akan membelah, benag-benag kromatin tersebut memendek dan menebal membentuk struktur padat yang disebut kromosom.
Berdasarkan fungsinya, kromosom dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu :
a. Kromosom tubuh (autosom = A)
Kromosom A adalah kromosom yang mengendalikan sifat-sifat tubuh, seperti warna mata, warna kulit, tinggi badan, dan lainnya. Jumlah autosom pada sebagian besar organisme sejenis adalah sama.
b. Kromosom seks (gonosom)
Kromosom seks adalah kromosom yang menentukan jenis kelamin, contohnya kromosom X dan Y.

·         Kromosom dalam suatu spesies memiliki pola tertentu yang disebut kariotipe.
·         Setiap pasangan kromosom disebut kromosom homolog.
·         Pasangan kromosom homolog disebut genom atau ploidi (perangkat/set)

Pada sel tubuh (sel somatik), inti selnya mengandung kromosom yang berpasangan (diploid = 2n). Jumlah kromosom sel tubuh pada manusia dengan jenis kelamin laki-laki, yaiut 22 pasang autosom ditambah gonosom X dan Y (22 AA + XY). Sementara itu, jumlah kromosom sel tubuh wanita
adalah 22 AA + XX. Jadi, jumlah kromosom tiap sel tubuh manusia berjumlah 46.

Pada ssel kelamin, inti selnya mengandung kromosom yang tidak berpasangan (haploid = n). Ovum manusia mempunyai 22 autosom ditambah dengan gonosom X (22 A + X). Sementara spermatozoa mempunyai 22 A + X atau 22 A + Y. Jadi, jumlah kromosom pada setiap sel kelamin hanya 23.
A. Struktur Kromosom
a. Sentromer merupakan bagian kromosom yang berkontriksi (mengecil), menyerupai bulatan kecil di tengah-tengah kromosom. Pada sentromer, terdapat kinetokor yang merupakan tempat melekatnya benang-benang spindel saat terjadi pembelahan.
b. Kromatid (lengan) merupakan badan kromosom yang mengandung filamen tipis kromonema.  Kromonema terdiri atas bagian-bagian yang bergranula besar dan kecil. Granula besar disebut  kromomer, sedangkan granula kecil disebut kromiol.
Pada bagian ujung kromosom, terdapat telomer yang berfungsi untuk menghalangi agar tidak terjadi pelekatan antar kromosom dan menjaga DNA di dalamnya tidak mudah terurai. Bagian ujung kromosom memiliki suatu struktur yang terbentuk akibat kontriksi sekunder, disebut satelit.

Gambar : Kromosom. (1) Kromatid. Salah satu dari dua bagian identik kromosom yang terbentuk setelah fase S pada pembelahan sel. (2) Sentromer. Tempat persambungan kedua kromatid, dan tempat melekatnya mikrotubulus. (3) Lengan pendek (4) Lengan panjang.

B. Bentuk dan Ukuran Kromosom
Bentuk dan ukuran kromosom antarspesies bervariasi.. Panjang kromosom ± 0,5 µm dengan diameter 0,2-20 µm.
Berdasarkan jumlah sentromernya, bentuk kromosom dibedakan menjadi 4 macam, yaitu :
  1.  Asentrik, kromosom yang tidak memiliki sentromer.
  2.  Monosentrik, kromosom yang memiliki satu sentromer.
  3.  Disentrik, kromosom yang memiliki dua sentromer.
  4.  Polisentrik, kromosom yang memiliki banyak sentromer.


 Berdasarkan letak sentromernya, bentuk kromosom dibedakan menjadi 4 macam, yaitu :
  1.  Metasentrik, jika memiliki sentromer di tengah kromatid. Kromosom berbentuk seperti V.
  2.  Submetasentrik, jika sentromer tidak terletak tepat di tengah kromatid sehingga kedua bagian kromatid tidak sama panjangnya.
  3.  Akrosentrik, jika sentromer terletak di antara bagian ujung dan tengah kromatid sehingga bagian kromatid yang satu lebih panjang dan yang lainnya sangat pendek. Kromosom berbentuk seperti L.
  4.  Telosentrik, jika sentromer terletak di bagian uju8ng kromatid sehingga bentuk kromosom seperti I.

C. Jumlah Kromosom
Nama Organisme
Jumlah
Nama Organisme
Jumlah
Manusia
46
Kapas
52
Simpanse
48
Tembakau
48
Kuda
64
Tomat
24
Sapi
60
Kacang kapri
14
Kucing
38
Kentang
48
Anjing
78
Gandum
42
Kelinci
44
Nanas
50
Ayam
78
Lobak
18
Katak
26
Jagung
20
Ikan mas
94
Beras
24
Hydra
32
Kol (kubis)
12

Itulah ringkasan mengenai apa itu kromosom? Kromosom memiliki peran pnting dalam membawa sifat genetika pada makhluk hidup sehingga alangkah baiknya jika kita mengetahui sedikit wawasan tentang kromosom demi keberlangsungan hidup. Cukup itu saja semoga mudah dicerna :3





sauce : Buku biologi erlangga kelas xii k13 revisi

Comments

Popular posts from this blog

Biji Monokotil & Biji Dikotil

Tek Editorial

Memahami Gen dan Alel