Pertumbuhan dan Perkembangan pada Makhluk Hidup

#Materi
#Biologi

Ciri - ciri dari makhluk hidup salah satunya adalah tumbuh dan berkembang. Akan tetapi, apa itu tumbuh? Apa itu berkembang? Pernah terpikir bahwa, bukannya tumbuh dan berkembang itu sama? Padahal sebenarnya tumbuh dengan berkembang itu berbeda. Pertumbuhan memiliki kemiripan dengan perkembang dalam satu sisi dan proses dari keduanya itu sejalan sehingga sering terjadi kesalahpahaman.

Pertumbuhan adalah peristiwa perubahan biologis yang terjadi pada seluruh makhluk hidup berupa pertambahan ukuran volume, tinggi, dan massa yang bersifat irreversible. Sifat irreversible memiliki arti perubahan yang sudah terjadi tidak akan kembali lagi.
Contoh : Pohon mangga yang sudah tumbuh hingga tingginya mecapai 3 meter tidak akan kembali/menyusut menjadi kecambah yang kecil.

Sedangkan,
Perkembangan adalah proses menuju tercapainya kedewasaan. Yang dimaksud proses menuju tercapainya kedewasaan adalah pematangan seperti pematangan sel sperma, sel telur, hormon - hormon dalam tubuh atau kalau pada tumbuhan pematangan buah. Sehingga, berbeda dengan pertumbuhan, perkembangan bersifat reversible.

Lebih mudahnya simak tabel berikut tentang perbedaan pertumbuhan dan perkembangan.

PERBEDAANPERTUMBUHANPERKEMBANGAN
Cara MengukurBersifat kuantitatif sehingga dapat digambarkan dalam bilanganBersifat kualitatif sehingga tidak dapat digambarkan dalam bilangan
KeterlihatanDapat dilihat secara fisikTidak dapat dilihat secara fisik, melainkan secara fisiologis
KeterbatasanProsesnya terbatas usiaProsesnya tidak terbatas usia
KeterulanganBersifat irreversible atau tidak dapat terulangBersifat reversible atau dapat terulang
Faktor yang MempengaruhiDipengaruhi pembelahan selDipengaruhi pengalaman


Nah, itulah pemaparan materi mengenai pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup yang bisa diberikan. Semoga materi tersebut bermanfaat. Sekian :3


Sumber :
  • ebiologi
  • buku biologi erlangga K13 revisi Kelas XII 






Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Biji Monokotil & Biji Dikotil

Tek Editorial

Memahami Gen dan Alel